Home » » Manajemen SDM

Manajemen SDM

MANAJEMEN SUMBER
DAYA MANUSIA I

I.Pendahuluan
II.PerencanaanSumberDayaManusia
III.PenarikanPersonalia/ SDM yang
dibutuhkan
IV.Seleksi
V.PengenalandanOrientasi
VI.LatihandanPengembanganSDM
VII.PenilaianPelaksanaanKerja



VIII.PemberianBalas JasadanPenghargaan(KOMPENSASI)
IX.PerencanaandanPengembanganKarir
X.PHK (PemutusanHubunganKaryawan)



PENDAHULUAN


A. PengertianSumberDayaManusia

•SumberDayaManusia(SDM) adalahmanusiayang bekerjadilingkungansuatuorganisasi(disebutjugapersonil,
tenagakerja, pekerjaataukaryawan).
•SumberDayaManusiaadalahpotensimanusiawisebagaipenggerakorganisasidalammewujudkaneksistensinya.



•SumberDayaManusia(SDM) adalahpotensiyang merupakanasset danberfungsisebagaimodal (non
material/non finansial) didalamorganisasibisnis, yang dapatdiwujudkanmenjadipotensinyata(real)
secarafisikdannon fisikdalammewujudkaneksistensiorganisasi.



B. PengertianManajemenSumberDayaManusia

Menurut

•Mary Parker Follett


ManajemenSumberDayaManusiaadalahsuatuseniuntukmencapaitujuan-tujuanorganisasimelaluipengaturanorang-oranglain untukmelaksanakanberbagaipekerjaanyang diperlukan, ataudengankatalain tidakmelakukanpekerjaan-
pekerjaanitusendiri.


•Edwin B. Flippo


ManajemenSumberDayaManusiaadalahperencanaan,
pengorganisasian, pengarahandanpengawasankegiatan-kegiatanpengadaan, pengembangan,
pemberiankompensasi,
pengintegrasian, pemeliharaandanpelepasansumberdayamanusiaagar tercapaiberbagaitujuanindividu, organisasidanmasyarakat


•French


ManajemenPersonaliaadalahpenarikan, seleksi, pengembangan,
penggunaandanpemeliharaansumberdayamanusiaolehorganisasi.


C. PengertianPenyusunanPersonalia/
SDM

•Fungsimanajemenyang berkenaandenganpenarikan, penempatan,
pemberianlatihandanpengembangananggota-anggotaorganisasi.



Proses/ FungsiPenyusunanPersonalia

Text Box: Perencanaan
Sumber daya
Manusia
PerencanaanSumberdayaManusiaPenarikanPersonaliaYang dibutuhkanSeleksiPengenalanDan
OrientasiPemeliharaanKesehatandankeamananPerencanaanDan pengembanganKarierPemberianBalas jasadanPenghargaanPenilaianPelaksanaankerjaLatihandanPengembangankaryawan

D. Pendekatan-pendekatanmasalahpersonalia/SDM

1)PendekatanMekanis/ konsepfaktorproduksi

Perkembanganindustri, denganpenerapanmesin-mesindanalat-alatelektronikapadabidangproduksitelahmembawakemajuanyang sangatpesatdalamefisiensikerja.


Pendekatanmekanisinibiasanyamenimbulkanpadamasalahpersonaliaantaralain :

a) pengangguranteknologis

: kehilanganpekerjaankarenapengembanganmesin-mesinatau

teknikproduksiyang baru.

b) keamanan

:seseorangkehilanganpekerjaannyamakajelasiaakankehilangansumberpenghasilannya.


c)Organisasiburuh.untukmelindungikaryawandarisikapsewenang-wenangpihakmanajemen.
d)Berkurangnyakebanggaandalambekerja


.manajemenkurangmenghargaikecerdasan, “Goodwill”dankreativitasparapekerja.


2) PendekatanPaternalisme

Yaitusuatukonsepyang menganggapbahwamanajemensebagai“Ayah”danbersikapmelindungiterhadapparakaryawan.

Ciri-cirinya:

-Diselenggarakannyasuatuprogram
personaliatersebuttidakdidasarkanataspertimbanganmanfaatdariprogram
tersebut



-Keputusantentangapadanbagaimanamelaksanakanprogram tersebutadalahtergantungsematamatapadapihakmanajemen.


3) PendekatanSistemSosial

.Organisasi/ perusahaanadalahmerupakansuatusistemyang
kompleksyang beroperasidalamlingkunganyang komplekspula yang
bisadisebutsebagai“Sistemyang adadiluar”.


Sumber: ManajemenPersonalia

HeidjrachmanR danSuadHusnan

Text Box: Pemegang saham
PemegangsahamPemerintahSerikatBuruhManajemenPerencanaOrganisasiPengarahanpengawasanPemrosesFungsi-fungsiFaktor-faktorPersonaliaPhisikSupplierKonsumenPesaingMasyarakat(SistemEktren)
Lembagakeuangan(input)
(sistemintern)
(memulai)
output(umpanbalik)

E.Tantangan-tantanganyang
dihadapiManajemenSDM

1. TantanganEkstern/ Lingkungan

= Kekuatan-kekuatandariluaryang
mempengaruhikegiatanbisnis/
perusahaanyang berpengaruhpula
padakegiatanManajemenSDM,
baiklangsungmaupuntidaklangsung.


Untukmenghadapitantangan-tantangantersebut, manajemenpersonaliadapatmengambillangkah-langkahsebagaiberikut:

a) Memonitorsecaraterusmenerusatausecaraefektifdanefisienperkembangandanperubahanlingkunganbisnisdenganmelakukanmembacamajalahdankran,
mendengarkansiaranradio, televisi,
dllmendapatkaninformasi-informasiup to date yang diperlukan.


b)Meresponataumereaksisecaracepatdalambentukfleksibelsetiapinformasisetelahdianalisisuntukmenghasilkanresponyang paling tepatdengancaramengembangkan, mempertahankanataumenghentikankegiatanbisnisdankebijaksanaanSDM yang sedangberlangsung.


.Perubahanyang cepat

.Keragamantenagakerja

.Globalisasi:

-PeorganisasiGlobal

-PelatihanInternasional

-AdaptasiProduk

-BudayaPerusahaan

-PersekutuanGlobal


-Kemampuanmembiayaitenagakerjayang bersaingdenganberbagainegaralainnyayang memilikiperusahaandalambisnisyang sama

-Perusahaanharusterbuka

.Peraturanpemerintah

.Perkembanganpekerjaandanperanankeluarga

.Kekurangantenagakerjayang terampil


2. TantanganIntern / Keorganisasian

Untukmenghadapitantanganinternal,
langkah-langkahyang diambil:

a)Meningkatkankontroluntukmencegah, denganberusahaagar
setiappersoalandapatdiselesaikansecepatnyasebelumberkembangmenjadipersoalanbesar.


b) Bertindaksecaraproaktifdalamartiaktifmelakukanusahamengambillangkah-
langkahpenyelesaian, sebelummasalah-
masalahlepasdarikendali.

c) Organisasi/ perusahaanmemerlukanmanajeryang mampubekerjadalammenghadapikompetisisecarafleksibel.


.Posisiorganisasidalambisnisyang
kompetitif

.Fleksibilitas

.Pengurangantenagakerja

.Tantanganrestrukturisasi

.Bisniskecil

.BudayaOrganisasi

.Teknologi

.SerikatPekerja


3. TantanganIndividual / Profesionalitas

.Keserasianantarapekerjadenganorganisasinya

.Tanggungjawabetnisdansosial

.Produktivitas

.Pelimpahankekuasaan/ wewenang

.Penyaluranbuahpikiran


4. TantanganMSDM lainnya:

.Masihbanyaktop manajerdanparamanajerpembantunyayang belummemahamifungsi, tujuandankontribusiMSDM dalammengembangkanorganisasi/
perusahaanagar menjadikompetitifdalammewujudkaneksistensinya.


.Masihbanyaktop manajerdanparamanajerbawahannya, yang tidakmenyadari, kurangmemahami, dantidakmelaksanakantanggungjawabnyadalammengelolaSDM dilingkungannyamasing-masing.

.Dari manajemenSDM ternyatamasihsangatlangkatenagakerjayang
profesionaluntukmelaksanakannyasecaraefektifdanefisien.


II. PerencanaanSumberDayaManusia

A.PengertianPerencanaanSDM


•Arthur W. Sherman danGeorge W.
Bohlander

PerencanaanSDM adalahprosesmengantisipasidanmembuatketentuan(persyaratan) untukmengaturarusgerakantenagakerjakedalam, didalamdankeluarorganisasidengantujuanuntukmempergunakanSDM seefektifmungkindanagar memiliki


sejumlahpekerjayang memenuhipersyaratan/ kualifikasidalammengisiposisiyang kapandanyang
manapunmengalamikekosongan.

•G. Steiner

PerencanaanSDM merupakanperencanaanyang bertujuanuntukmempertahankandanmeningkatkankemampuanorganisasidalammencapaitujuan/ sasarannya,
melaluistrategipengembangan/
kontribusipekerjanyadimasadepan.


•Umum(luas)

PerencanaanSDM adalahprosesuntukmenetapkanstrategi, memperoleh,
memanfatkan, mengembangkandanmempertahankantenagakerjasesuaidengankebutuhanperusahaansekarangdanpengembangannyadimasamendatang.


B.ManfaatPerencanaanSDM


•MeningkatkanSistemInformasiSDM,
yang secaraterusmenerusdiperlukandalammendayagunakanSDM secaraefektifdanefisienbagipencapaitujuanbisnisperusahaan.

•MempermudahpelaksanaankoordinasiSDM olehmanajerSDM, dalamusahamemperpadukanpengelolaanSDM.


•UntukmemperkirakankondisidankebutuhanpengelolaanSDM selama2
atau3 danbahkan10 tahunmendatang(untukjangkapanjang).

•Untukmengetahuiposisi/ jabatanataupekerjaanyang lowongpadatahunmendatang(untukjangkapendek).


C.KarakteristikSDM yang Kompetitif


•Memilikikemampuanmenjaring,
mengolahdanmemanfaatkaninformasidalammencaripeluangbisnisyang
menguntungkan.

•Memilikikemampuanmeresponsecaratepat.

•Memilikikemampuanmeresponsecaracepat.


•Mampumenghindariataumemperkecilresikodalammelaksanakankeputusan.

•Mampumengendalikancost benefit
ratio yang menguntungkan.


D.AnalisisTenagaKerjauntukPerencanaanSDM


Langkah-langkahAnalisistenagakerja:

1. Jumlahtenagakerja

2. Komposisitenagakerja

3. Kualitas


E.Faktor-faktoryang MempengaruhiPerencanaanSDM


I. FaktorEksternal:

•FaktorEkonomiNasionaldanGlobal

•FaktorSosial, PolitikdanHukum

•FaktorTeknologi

•FaktorPesaing


II. FaktorInternal (organisasi)

•RencanaStrategikdanRencanaOperasional(taktik)

•Anggaran/ cost SDM

•Peramalanproduksidanpenjualan

•FaktorBisnisBaru

•FaktorDesainOrganisasidanDesainPekerjaan

•FaktorKeterbukaandanKeikutsertaanManajer


III. FaktorKetenagakerjaan

•Pensiun, PHK, meninggalduniadantenagakerjayang selaluabsen.

•Promosi, pindah, tenagakerjayang
mendapatpelatihandanyang
mengikutipendidikandiluarperusahaan/ organisasi.


IV. Faktor-faktorLain

•Pasartenagakerja

•Prestasikerja

•Waktuyang tersediauntukmencapaisasaran/ tujuanbisnisjangkapendek.

•Faktordemografi

•Faktorsupervisi

•Faktorstafpendukung

•Faktorlokasi


III. PenarikanSDM (Rekruitmen)

A.PengertianPenarikan


•Prosesmendapatkansejumlahcalontenagakerjayang kualifaiduntukjabatan/ pekerjaanutama(produklinidanpenunjangnya) dilingkungansuatuorganisasi/ perusahaan.

•Prosespencariandanpemikatanparacalonkaryawan(pelamar) yang mampuuntukmelamarsebagaikaryawan.


Text Box: Permintaan-
Permintaan
khusus dari
Manajer
B.ProsesPenarikanPerencanaanSDMPermintaan-
PermintaankhususdariManajerLowonganpekerjaanyangtersediaAnalisisInformasijabatanPendapatManajerPersyaratan-
PersyaratanJabatanMetode-
MetodePenarikanPelamar-
PelamarYang memuaskan

C.Kendala-kendalaPenarikan


I. Kebijaksanaan-kebijaksanaanOrganisasional

•KebijaksanaanPromosi

•KebijaksanaanKompensasi

•KebijaksanaanStatus Karyawan

•KebijaksanaanPenerimaanTenagaLokal


II. Rencana-rencanaSDM

III.KondisiPasarTenagaKerja

IV.Kondisi-kondisiLingkunganEksternal

V.Persyaratan-persyaratanJabatan

VI.Kebiasaan-kebiasaanPelaksanaPenarikan


D.Saluran-saluran/ Metode-metodePenarikan


•Walk –ins

•RekomendasidariKaryawan

•Pengiklanan

•Agen-agenpenempatantenagakerja

•Lembaga-lembagapendidikan

•Organisasi-organisasiKaryawan

•Leasing


•Nepotisme

•Asosiasi-asosiasiprofesional

•Operasi-operasiMiliter

•Open House


IV. Seleksi

A.PengertianSeleksi


•Pemilihanseseorangtertentudarisekelompokkaryawan-karyawanpotensialuntukmelasanakansuatujabatantertentu.

•Serangkaianlangkahkegiatanyang
digunakanuntukmemutuskanapakahpelamarditerimaatautidak


B.Tantangan-tantanganProsesSeleksi


•Tantangan-tantangansuplai

•Tantangan-tantanganetnis

•Tantangan-tantanganorganisasional


C.Langkah-langkah/ ProsedurdalamProsesSeleksi


•Penerimaanpendahuluanpelamar

•Tes-tespenerimaan

•Wawancaraseleksi

•Pemeriksaan-pemeriksaanreferensi

•Evaluasimedis(teskesehatan)

•Wawancaraolehpenyelia

•Keputusanpenerimaan


V. PengenalandanOrientasi

A.PengertianOrientasi


•Usahamembantuparapekerjaagar
mengenalisecarabaikdanmampuberadaptasidengansuatusituasiataudenganlingkungan/ iklimbisnissuatuorganisasi/ perusahaan.


A.PelaksanaanProgram Orientasi


•Harusmampumembantuparapekerjabaruuntukmengetahuidanmemahamistandarpekerjaan, harapanorganisasiatauperusahaanpadadirinya, norma-
normadantradisiyang dihormatidanberlakudiperusahaansertakebijaksanaan-kebijaksanaanyang
harusdijalankannya


•Harusmampumembantuparapekerjabaruuntukmemahamidanbersediamelaksanakanprilakusosialyang
mewarnaikehidupanorganisasi/
perusahaansehari-hari.

•Harusmampumembantuparapekerjabaruuntukmengetahuidanmemahamiberbagaiaspekteknispekerjaan/
jabatannya, agar mampumelaksanakantugas-tugasnyasecaraefektif, efisiendanproduktif.


VI. LatihandanPengembanganSDM

A.PengertianLatihandanPengembangan


•Pelatihan:program-program untukmemperbaikikemampuanmelaksanakanpekerjaansecaraindividual, kelompokdan/ atauberdasarkanjenjangjabatandalamorganisasi/ perusahaan.


•Pelatihan:prosesmelengkapiparapekerjadenganketrampilankhususataukegiatanmembantuparapekerjadalammemperbaikipelaksanaanpekerjayang
tidakefisien.

•Latihan:memperbaikipenguasaanberbagaiketrampilandanteknikpelaksanaankerjatertentu, terincidanrutin.


•Pengembangan:program untukmenyesuaikandiridengankemajuanteknologi.


B.Teknik-teknikLatihandanPengembangan


•Metodepraktis(on –the –job training)

•Teknik-teknikpresentasiinformasidanmetode-metodesimulasi(off –the –job
training)


Text Box: Teknik-teknik latihan
Dan pengembangan
Teknik-tekniklatihanDan pengembanganOff the jobtrainingOn the jobtrainingsimulasiPresentasiinformasiRotasijabatanMetodeStudikasuscoachingRoleplayingBusinessgamesMetodekuliahProgrammedinstrutionSelfstudyInstruksipekerjaanmagangVestibuletrainingLatihanlaboratoriumProgramPengembanganeksekutifAnalisistransaksionalPresetasivideoMetodekonferensiSistemPenilaianprestasiPenugasansementara

B.EvaluasiProgram LatihandanPengembangan


Text Box: Kriteria
evaluasi
KriteriaevaluasiTespendahuluan(pre test)
Para karyawanDilatihataudikembangkanTespurna(post –test)
Transfer ataupromosiTindak-lanjut

VII. PenilaianPelaksanaanKerja/
PrestasiKerja

A.PengertianPenilaianPrestasiKerja


.Prosesmelaluimanaorganisasi-
organisasimengevaluasiataumenilaiprestasikerjakaryawan.

.Prosespengamatan(observasi)
terhadappelaksanaanpekerjaanolehseorangpekerja


.Pendadaran(deskripsi) secarasistematik(teratur) tentangrelevansiantaratugas-tugasyang diberikandenganpelaksanaannyaolehseorangpekerja.

.Kegiatanpengukuransebagaiusahamenetapkankeputusantentangsuksesataugagaldalammelaksanakanpekerjaanolehseorangpekerja.


B.Kegunaan-kegunaanPenilaianPrestasiKerja


1. Perbaikanprestasikerja

2. Penyesuaian-penyesuaiankompensasi

3. Keputusan-keputusanpenempatan

4. Kebutuhan-kebutuhanlatihandanpengembangan

5. Perencanaandanpengembangankarier

6. Penyimpangan-penyimpanganprosesstafting


7. Ketidakurataninformasional

8. Kesalahan-kesalahandesainpekerjaan

9. Kesempatankerjayang adil

10. Tantangan-tantanganeksternal


Tujuanumumpenilaianprestasikerja

•Untukmemperbaikipelaksanaanpekerjaanparapekerja.
•Untukmenghimpundanmempersiapkaninformasibagipekerjadanparamanajerdalammembuatkeputusanyang dapatdilaksanakan.
•UntukmenyusuninventarisasiSDM dilingkunganorganisasi/ perusahaan.
•Untukmeningkatkanmotivasikerja.



Tujuankhusus

•Sebagaidasardalammelakukanpromosi,
menghentikanpelaksanaanpekerjaanyang
keliru, menegakkandisiplin, menetapkanpemberianpenghargaan/ balas jasa.
•Mengahasilkaninformasiyang dapatdipergunakansebagaikriteriadalammembuattesyang validitasnyatinggi.
•Menghasilkaninformasisebagaiumpanbalikbagipekerjadalammeningkatkanefisiensikerjanyadenganmemperbaikikekurangan/ kekeliruannyadalammelaksanakanpekerjaan



•Berisiinformasiyang dapatdigunakanuntukmengidentifikasikebutuhanpekerjadalameningkatkanprestasikerja.
•Memberikaninformasitentangspesifikasijabatanbaikmenurutpembidangannyamaupunberdasarkanpenjenjangannyadalamstrukturorganisasi/ perusahaan.



C.StandarPekerjaandalamPenilaianPrestasiKerja


Informasinya:

1. InformasitentangKPA TUGAS-TUGASyang harusdikerjakanolehseorangpekerjatermasuksupervisor.

2. InformasitentangBAGAIMANA CARAterbaikdalammelaksanakantugas-
tugastersebut.

3. InformasitentangHASIL MAKSIMALyang seharusnyadicapaidalammelaksanakantugas-tugasdengancaratersebut.


D.PersyaratanSistemPenilaianPrestasiKerjayang Efektif


1. PersyaratanIlmiah/ Legal / Formal :

•Relevansi

•Sensitivitas

•Reliabilitas

2. PersyaratanOperasional:

•Akseptabel

•Praktis


E.MetodePenilaianPrestasiKerja
•Metodeukuranringkas
•Metoderanking/skalanilaidanmembandingkan
•Metodedaftarcekperilaku
•Metodedistribusipenyebarankemampuan
•Metodegrafikskalanilai
•MetodePencatatankejadianpenting
•Manajemenberorientasipadahasil
•Metodepenyusunandanreview perencanaan
1.Interview
2.Observasi
3.Reviu/diskusi
4.Monitor komputer
5.Rekamanvideo



F.Bias Penilaian
•Kesanpertama(Halo error)
•Hasilyang berbeda(Contrast Error
Result)
•Kekeliruankarenakemarahanhati(Generosity Error)
•Kesanhasilpenilaiansebelumnya(RecencyError Result)
•Prasangkapribadi



VIII Pemberianbalas jasadan

penghargaan

A.PengertianKompensasi
•Segalasesuatuyang diterimaparakaryawansebagaibalas jasauntukkerjamereka
•Pemberiankepadakaryawandenganpembayaranfinansialsebagaibalas jasauntukpekerjaanyang dilaksanakandansebagaimotivator untukpelaksanaankegiatandiwaktuyang akandatang
•Penghargaan/ganjaranpadaparapekerjayang telahmemberikankontribusidalammewujudkantujuannya, melaluikegiatanyang disebutbekerja



B.Tujuan-tujuanAdministrasiKompensasi

•Memperolehpersonaliayang Qualified
•Mempertahankanparakaryawanyang adasekarang
•Menjaminkeadilan
•Mengendalikanbiaya-biaya
•Memenuhiperaturan-peraturanlegal



Text Box: C. Jenis-jenis Kompensasi
C. Jenis-jenisKompensasi•Kompensasilangsung.Gaji.Upah•Kompensasitidaklangsung.THR
.Tunjanganharinatal.Jaminankesehatan.Liburan.Cuti•Insentif.Bonus

D. Tantangan-tantanganyang
mempengaruhikebijaksanaanKompensasi

•Suplaidanpermintaantenagakerja
•Serikatkaryawan
•Produktivitas
•Kesediaanuntukmembayar
•Kemampuanuntukmembayar
•Berbagaikebijaksanaanpengupahandanpenggajian
•Kendala-kendalapemerintah
•Biayakehidupan



E. ProsesPenentuanUpah

Text Box: Analisis
pekerjaan
Analisispekerjaan
Text Box: Deskripsi dan
Spesifikasi
Pekerjaan
DeskripsidanSpesifikasiPekerjaanEvaluasipekerjaanSurveipengupahanAnalisismasalahMasalahorganisasionalYang relevanAturan-aturanadministrasiStrukturupah
Text Box: Standar-standar
Pekerjaan
Standar-standarPekerjaan
Text Box: Penilaian prestasi
Kerja karyawan
diferensial
PenilaianprestasiKerjakaryawandiferensial
Text Box: Pembayaran Upah
PembayaranUpah
Oval: Peraturan
Upah minimum
PeraturanUpahminimum

IX. PerencanaandanPengembanganKarier

A.PengertianKarier
•Sebagaisalahsatuurutanpromosiataupemindahan(transfer) lateral kejabatan-
jabatanyang lebihmenuntuttanggungjawabataukelokasi-lokasiyang lebihbaikdalamataumenyilanghirarkihubungankerjaselamakehidupankerjaseseorang



Text Box:

•Sebagaipenunjukpekerjaan-pekerjaanyang membentuksuatupolakemajuanyang sistematikdanjelasjalurkariersebagaisejarahpekerjaanseseorangatauserangkaianposisiyang dipegangnyaselamakehidupankerja•Seluruhpekerjaan(jabatan) yang
ditanganiataudipegangselamakehidupankerjaseseorang.

B.ManfaatPerencanaanKarier
•Mengembangkanparakaryawanyang
dapatdipromosikan
•Menurunkanperputaran
•Mengungkappotensikaryawan
•Mendorongpertumbuhan
•Mengurangipenimbunan
•Memuaskankebutuhankaryawan
•Membantupelaksanaanrencana-
rencanakegiatanyang telahdisetujui



C.MendesainProgram PengembanganKarier
•FasePerencanaan
•FasePengarahan
.KonselingKarier
.Menyelenggarakanpelayananinformasi
•FasePengembangan
.PenyelenggaraanSistemMentor
.Pelatihan
.Rotasijabatan
.Program Beasiswa/ IkatanDinas



D.PerananDepartemenPersonaliadalamPengembanganKarier
1.DukunganManajemen
.Komitmenolehmanajemenpuncakadalahkrusialuntukmendapatkandukunganparamanajerlainnya.
2.UmpanBalik
.Memberitahukankepadaparakaryawansecaraperiodikmengenaiprestasikerjamereka.
.Program penempatan



Tujuanumpanbalik:

1.Untukmenjaminparakaryawanyang tidakdipromosikanbahwamerekamasihbernilaidanakandipertimbangkanuntukpromosi-
promosiselanjutnya, bilamereka“qualified”.
2.Untukmenjelaskanmengapamerekatidakterpilih.
3.Untukmenunjukkanapakegiatan-
kegiatanpengembangankarieryang harusdiambil.



3.Kelompok-kelompokKerjaKohesif
•Organisasiadalahlingkunganyang
memuaskan.



X. PemutusanHubunganKaryawan

A.PengertianPHK


PHK adalahsuatukondisitidakbekerjanyalagikaryawantersebutpadaperusahaankarenahubungankerjaantarakaryawandanperusahaanterputus, atautidakdiperpanjanglagi.


B.DampakPHK
I.BagiPerusahaan
•Terhentinyaproduksisementara
•Harusmencaripenggantinyadengankaryawanbaru
•Melepaskaryawanyang sudahberpengalamandansetia
•Memerlukanbiayayang besaruntukmerekrutlagi



II.BagiKaryawan
•Timbulnyasituasiyang tidakenakkarenaharusmenganggur
•Terputusnyahubungandenganteman-temansekerja
•Berkurangnyarasahargadiri
•Hilangnyapenghasilanyang diterimauntukmembiayaikeluarga
•Harusbersusahpayahmencaripekerjaanbaru



C.Sebab-sebabPHK
I.PHK atasdasarpermintaansendiri
•Masalahkeluarga
•Tidakdapatmengembangkankarier
•Lingkungankerjayang kurangnyaman
•Masalahkesehatan
•Perlakuanyang kurangadil
•Tingkatkompensasiyang rendah
•Pekerjaantidakcocokdenganminatdanbakat



II.PHK karenakebijaksanaanperusahaan
•Karyawantidakdisiplin
•Karyawankurangcakapdantidakproduktif
•Karyawanmelakukantindakanasusila
•Penyederhanaanorganisasidalamperusahaan



III.PHK karenaperaturanperundang-
undangan
•Meninggaldunia
•TelahmencapaibatasusiauntukPHK
•Melanggarperaturanyang berlaku
•Berakhirnyakontrakdenganperusahaan



D.Macam-macamPHK
I.PHK yang bersifatsementara
.Karyawantidaktetap
.Perusahaanyang bergerakataumenghasilkanproduksecaramusiman
.Karyawanyang dikenakantahanansementara



II.PHK yang bersifatpermanen(pemberhentian)
.Pemberhentiandenganhormat
•Permintaansendiri
•Telahmencapaiusiapensiun
•Meninggaldunia
•Adanyapenyederhanaanorganisasiperusahaan
•Tidakcakapjasmaniataurohani



.Pemberhentiandengantidakhormat
•Melakukanpelanggaranataukejahatan
•Terlibatdalamperbuatanyang
menentangpemerintah
•Meninggalkantugastanpaizin
•Sengajamelanggarikatanperjanjiankerja
•Merugikanperusahaantempatbekerja

0 komentar:

Posting Komentar

Donasi Kepada Penulis